test

Minggu, 24 Juli 2011

Inspirasi , motivasi dan kata mutiara dari NOVEL LASKAR PELANGI


Ini adalah kisah nyataku. Pertama kali aku membeli sebuah novel adalah pada tahun 2008 lalu, di mana aku waktu itu sedang di pulau Batam. Sebenarnya aku suka membaca novel, terutama novel tentang perjuangan hidup tapi biasanya hanya pinjam-pinjam saja, he he, maklum, sering gak ada duit. Maka memang tak ada hal yang benar-benar kebetulan, suatu hari aku berjalan di sebuah Mall di pulau Batam itu lalu aku melihat sebuah novel yang di cover luarnya tertulis kata-kata ”novel terlaris sepanjang sejarah sastra Indonesia”, aku pun sedikit membaca, baru aku melihat ringkasan cerita di sampul belakangnya, langsung aku tekadkan untuk membeli novel itu. Ya, namanya Laskar Pelangi, novel pertama yang aku beli dengan uangku sendiri, yang benar-benar aku sukai, maka tak kurang dari 5 kali aku membacanya.
Bila kalian belum pernah membacanya, aku rasa kalian kurang beruntung. Di dalamnya banyak aku dapati hal-hal yang memotivasi diri, hal-hal yang selama ini aku acuhkan perlahan mulai aku ingat. Dari buku itu, aku mulai menyusun rencana hidupku, aku ingin ke Mekkah, ingin ke Jepang, ingin ke Jerman,  aku ingin bertemu semua teman-temanku karena aku menjadi rindu pada mereka, aku menjadi menangis karena masa kecilku yang berandal dan ngeyel, dan masih banyak hal lain yang tidak bisa aku tulis lagi. Maka aku berniat untuk mempublikasikan beberapa inspirasi , motivasi dan kata mutiara yang bisa aku ambil dari buku itu. Terima kasih ya Allah, terima kasih Mas Andrea Hirata, ....
Ini adalah beberapa inspirasi , motivasi dan kata mutiara yang bisa aku ambil dari buku itu:

“ ...and to every action, there will always an equal and opposite or contrary, reaction...” - Isaac Newton

“...hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya...”

“orang cerdas memahami konsekwensi setiap jawaban, dan menemukan bahwa di balik setiap jawaban tersembunyi beberapa jawaban baru.”

“...setiap orang mempunyai jalan yang berbeda untuk memahami sesuatu.”

“dan tak ada yang membahagiakan bagi seorang guru, selain mendapatkan murid yang pintar.”

“life is what happens to us while we are busy making plans...”

“lingkaran hidup merupakan jalinan aksi dan reaksi.” - Isaac Newton

“hidup tanpa usaha adalah seperti mata yang tertutup untuk mencari kucing hitam dalam kamar yang gelap, sedang kucingnya tidak ada.”

“tak selembarpun daun jatuh tanpa sepengetahuan Allah.”

“...menerima kehidupan berarti menerima kenyataan bahwa tak ada hal sekecil apapun terjadi karena sebuah kebetulan.”

“pengalaman yang sama dapat menimpa siapapun, tapi sejauh mana dan secepat apa pengalaman yang sama itu memberi pelajaran pada seseorang, hasilnya akan berbeda atau relatif satu sama lain...” - Isaac Newton

“bermimpilah, karena tuhan akan memeluk mimpi itu.”

“sebagian besar orang tak seperti bagaimana mereka tampaknya, dan begitu banyak orang salah dipahami, di sisi lain manusia gampang sekali menjatuhkan penilaian...”

“penampilan yang sempurna karena persiapan yang matang.”

“ke manapun tempat yang ku tempuh, apapun yang telah aku capai, dengan siapapun aku berhubungan, tetap saja aku manusia biasa...”

“tertawalah, maka seisi dunia akan tertawa bersamamu, dan jangan bersedih, sebab kamu hanya bersedih sendirian...”

“berpikirlah tiga langkah ke depan, sebelum langkah pertamamu kamu ambil...”

“jika ada sesuatu yang paling ‘absurd’ di dunia ini, maka itu adalah cinta”

“temukan sendiri potongan mozaik hidupmu, yang akan membuka hatimu untuk mengerti dan memahami siapa sebenarnya diri kita...”

“jika kita berupaya sekuat tenaga menemukan sesuatu, dan pada titik akhir upaya itu hasilnya Nihil, sebenarnya kita telah menemukan apa yang kita cari, yaitu sebuah kenyataan. Kenyataan yang harus kita hadapi, sepahit apapun keadaannya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar