test

Kamis, 01 Maret 2012

DEWASA DAN BERPIKIR DEWASA

DEWASA??? YA ATAU BELUM???

ah, mungkin sesuatu yang bukan lagi pertanyaan untuk orang yang sudah berumur 20 tahun ke atas lagi. mengapa? ya, karena sudah bukan jamannya lagi membicarakan dewasa berdasarkan umur dong. lalu kenapa dan bagaimana dewasa yang sebenarnya?
pernah aku berpikir bahwa makna dewasa adalah ketika seseorang bisa membedakan sesuatu yang benar dan salah dan dia bisa mengambil jalan yang benar dari sesuatu yang membuatnya mengambil suatu hikmah. ternyata aku agak salah soal ini, suatu hari aku mengikuti kuliah psikologi, di sana dari seorang dosen muda psikologi, aku dapati arti sebenarnya makna dewasa itu. dan maknanya adalah ketika seseorang mulai menentukan ke mana arah kehidupannya nanti.
memang dulunya aku rasa itu terlalu sederhana, tapi mari kita pikir bersama, ternyata maknanya sangat luas.
ke mana kita akan melangkah?
kapan kita harus maju?
di mana kita akan mengadu nasib?
sudah siapkah diri kita menghadapi semua itu?
itulah mengapa harus kita persiapkan benar-benar segala potensi yang ada pada diri kita. dari situlah kita perlu menjadi dewasa atau berpikir dewasa, kita harus segera menentukan tujuan hidup kita jika tidak ingin tersingkir dari putaran roda kehidupan ini dengan kata lain kita hanya hanya sebagai orang yang tidak punya arah. untuk mencapai tujuan hidup itu sangatlah berat, taka ada satupun hal yang mudah jika kita ingin sesuatu yang besar, sesuatu yang berharga. diperlukan pengorbanan, kerja keras, sabar, dan do'a agar kita sukses. tetapi janganlah lupa akan sesuatu yang paling bernilai dari kerja keras kita, adalah kewajiban kita untuk beribadah kepada Allah SWT, karena tanpa ridho-NYA lah segala sesuatu tidak akan terjadi.
semoga ini menjadi pemikiran kita bersama,...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar